Praktikum Tentang Pencahayaan Dalam Photografi

Pertanyaan 
1. Melalui jendela bidik kamera analog SLR coba anda amati ligtmeter yang 
ada di dalamnya ketika anda mengarahkan kamera pada berbagai objek 
dengan berbagai kondisi pencahayaan. Tuliskan apa yang anda amati:
2. Amati perubahan ligtmeter ketika anda mengubah posisi diafragma pada 
lensa. Tuliskan hasil amatan anda!
3. Pada posisi bukaan diafragma yang tetap, coba anda amati perubahan 
ligtmeter ketika anda mengubah posisi kecepatan rana.Tuliskan amatan 
anda :

Jawaban
1. - ketika kamera diarahkan pada objek yang memakai baju gelap (manusia) maka lightmeter akan menunjukan angka minus, (contoh: -2) yang artinya objek memiliki tingkat kecerahan yang rendah, sehingga foto yang dihasilkan menjadi gelap.
- ketika kamera diarahkan pada objek yang memakai baju putih (manusia) maka lightmeternya akan menunjukan angka plus, (contoh +2) yang artinya memiliki tingkat kecerahan yang terlalu tinggi, hingga foto yang dihasilkan terlalu cerah.
- ketika kamera diarahkan pada objek yang memakai baju yang berwarna netral dan cahaya (tempat) yang memadai lightmeter akan seimbang.

2. • semakin besar bukaan diafragma, maka lightmeter semakin menunjukan angka plus, dikarenakan cahaya yang masuk semakin rendah.
• semakin kecil bukaan diafragma, maka lightmeter semakin menunjukan angka minus, dikarenakan cahaya yang masuk semakin rendah.
3. - semakin cepat sebuah kecepatan rana maka akan lebih mudah memotret benda yang bergerak dalam kecepatan tinggi, dan cahaya cepat masuk lightmeter plus.
- semakin rendah sebuah kecepatan rana maka akan sulit untuk memotrek sebuah benda bergerak, hal ini dikarenakan cahaya yang masuk sedikit melambat lightmeter minus.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ARTIKEL FOTOGRAFI

Praktikum 3 Memfokus

Dasar - Dasar Fotografi